Web designer Bali Indonesia
English version

Biaya Pembuatan Website Tidak Selalu Mahal, Walau Punya Budget Terbatas

Biaya Pembuatan Website Tidak Selalu Mahal, Walau Punya Budget Terbatas
Biaya Pembuatan Website Tidak Selalu Mahal, Walau Punya Budget Terbatas

Biaya pembuatan website itu berapa sih? Saat ini ada banyak sekali manfaat penggunaan situs web yang bisa masyarakat manfaatkan. Salah satunya sebagai penunjang aktivitas bisnis berbasis digital.

Tidak semua orang memahami bagaimana membuat website sendiri untuk bisnisnya. Beberapa ada yang masih bingung dan takut karena harganya nanti mahal. Apalagi untuk pebisnis yang masih pemula, tentu biaya jadi faktor pertimbangan awal.

Oleh karenanya, ulasan berikut ini akan membahas skema harga berupa taksiran pembuatan website. Mari simak ulasan berikut ini untuk menjadi salah satu pertimbangan ketika bikin situs web nantinya.

Biaya Pembuatan Website

Taksiran Harga Jasa Pembuatan Website WordPress

Salah satu CMS yang bisa Anda manfaatkan untuk pembuatan website ialah WordPress. Dalam memanfaatkannya pengguna bisa memakainya gratis. Namun agar bisa membuat situs web WordPress dengan bagus dan profesional perlu mempersiapkan anggaran.

Apa yang membuat pembuatan website Mahal?
Umumnya, seseorang akan mengeluarkan sejumlah biaya untuk keperluan pembelian web hosting, domain, desain, plugin, dan biaya tambahan lain. Mungkin sekilas perlu mengeluarkan banyak biaya jasa pembuatan website perusahaan?

1. Bayar Hosting

Rentang perbedaan harga untuk membayar hosting cukup bervariasi. Sehingga tergantung dimana membeli hosting dan apa kebutuhan Anda. Ada banyak sekali jenis paket hosting yang bisa dipilih dan hal tersebutlah yang menjadi perbedaan biaya.

Rentang dana untuk bayar hosting berkisar antara 10 ribu rupiah sampai dengan 700 ribu rupiah, dan bisa lebih dari itu per bulannya. Banyaknya pilihan tersebut membantu untuk memudahkan dalam berbagai hal.

Semakin mahal, tentunya penawaran yang diberikan juga semakin bagus. Oleh karenanya perlu sekali memahami kebutuhan seperti apa terlebih dahulu, kemudian menentukan pilihan paket yang tepat. Sehingga biaya pembuatan website jadi lebih efisien.

2. Biaya Beli Domain

Domain merupakan alamat situs web yang akan membuat pengunjung bisa lebih mudah mengakses halaman. Nama alamat atau nama domain ini perlu beli agar bisa memberikan kesan profesional.

Beberapa jasa pembuatan website akan menawarkan sekaligus proses pembelian domain. Sehingga Anda tidak perlu ribet mengaturnya. Harga domain berkisar antara 14 ribu rupiah sampai 300 ribu rupiah.

Taksiran tersebut adalah harga rata-rata di berbagai jasa pembuatan website. Berbeda layanan beda pula harganya. Nama domain tidak bisa bebas memilih, karena harus memenuhi syarat.

Seperti mudah diketik, singkat, gampang diingat, ekstensi domain yang tepat, dan unik. Pastikan bikin nama domain yang mudah diingat dan gampang, sehingga tidak menyulitkan pengunjung.

3. Desain Website

Jasa web design juga bervariasi harganya. Namun kalau menggunakan WordPress pengguna bisa memakai desain gratis karena banyak tema yang tersedia secara gratis.

Namun tentunya bagi mereka yang ingin memiliki tampilan unik dan sesuai keinginan bisa menggunakan layanan jasa desain web. Tentunya penawaran harga yang mereka berikan juga bervariasi.

Website untuk bisnis yang memang serius, lebih baik menggunakan tema atau tampilan yang unik dan tidak sama dengan yang lainnya. Yakni mendesain sendiri, jika tidak bisa melakukannya sendiri, gunakan layanan dari jasa saja.

4. Plugin

Selanjutnya adalah plugin, yang merupakan tools untuk membantu menambah fitur tertentu pada halaman website. Sama halnya dengan tema, plugin juga ada yang tersedia dan bisa digunakan secara gratis.

Anda tidak perlu melakukan install seluruh plugin agar bisa mendapatkan fitur tambahan pada situs web. Cukup gunakan beberapa saja yang memang memiliki fungsi bagus untuk kebutuhan website.

5. Pengeluaran Lain-Lain

Selain pengeluaran yang tersebutkan di atas, ada juga dana yang mungkin keluar untuk kebutuhan lain. Seperti misalnya SSL, perlindungan whois, dan sebagainya.

Biaya pembuatan website tersebut jika dipisah kurang lebih seperti itu. Misalnya Anda sudah punya domain, maka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pembelian domain lagi.

Taksiran Biaya Pembuatan Website Sesuai dengan Kebutuhan

Saat ini toko perusahaan yang membuat website akan membuat kesan yang lebih profesional. Karena membantu untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan oleh para calon pelanggannya.

Lantas sebenarnya berapa biaya pembuatan website itu? Terkait dengan informasi sebelumnya ada beberapa estimasi pembayaran yang mungkin akan dilakukan. Namun semua tetap tergantung pemilik website itu sendiri.

Nah berikut ini adalah rincian biaya pembuatan website dengan menggunakan simulasi sesuai kebutuhan konsumen.

1. Pemula yang Masih Belum Butuh Banyak

Bagi seorang pengguna website pemula, tentu masih belum sepenuhnya memiliki kebutuhan yang banyak dan besar. Apalagi biaya yang masih terbatas, maka bisa memanfaatkan penggunaan layanan yang terjangkau saja.

Misalnya seperti memilih kebutuhan atau fasilitas hosting yang memberikan harga terjangkau. Selain itu usahakan memilih untuk memakai layanan yang sudah sepaket.

Hal tersebut akan memudahkan dan terbilang lebih murah. Misalnya memakai jasa pembuatan website dengan biaya sekian langsung jadi. Sehingga tidak harus membeli secara terpisah, domain maupun hostingnya.

Langkah tersebut akan jauh lebih terjangkau daripada membeli secara terpisah. Namun jika memang ingin dan memiliki kemampuan maka bisa bikin sendiri website tersebut, dan membeli domain, hosting, dan membayar biaya lain sendiri.

Rata-rata uang yang Anda keluarkan per bulannya untuk pemula adalah sekitar 30 ribuan saja. Murah bukan?

2. Butuh Sumber Daya Besar Tapi Tidak Bisa Mengurus Server

Apabila memiliki sumber daya yang bagus, maka tinggal mengurus server saja. Dengan memanfaatkan beberapa jasa server, maka sudah bisa memperoleh pengelolaan secara penuh dan siap tampung.

Terutama untuk pengunjung yang dalam jumlah masif sekaligus. Rata-rata untuk harga pengelolaan server bisa 150 ribuan per bulannya, namun bisa juga lebih tergantung dengan penyedia jasa.

3. Butuh Server Sendiri dan Bisa Mengurusnya

Biaya pembuatan website tidaklah mahal, yang perlu mengeluarkan beberapa anggaran adalah untuk kebutuhan berbagai komponennya. Seperti server salah satunya.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan server sendiri dan bisa mengurusnya maka bisa membeli server sendiri. Mendapatkan server dengan harga mulai dari 100 ribuan rupiah per bulan saja.

Spesifikasi dari server tersebut tergantung dari penyedia layanan. Jadi beda jasa beda juga harganya.

Itulah sekilas terkait simulasi biaya pembuatan website yang bisa Anda persiapkan untuk membuat bisnis makin terkesan profesional dan meningkatkan kredibilitas kepada para pelanggan.

Cara Bikin Website Murah Berkualitas dan Anti Ribet

Banyak cara yang bisa pebisnis lakukan untuk membuat website perusahaannya. Bahkan ternyata prosesnya tidak ribet dan bisa dengan harga yang terjangkau. Tipsnya adalah kembali bertanya pada diri sendiri.

Apakah Anda memiliki kemampuan untuk membuat situs web sendiri atau tidak? Jika memiliki kemampuan, maka bisa melakukan sendiri pembuatannya dan hanya mengeluarkan beberapa anggaran untuk membeli komponen pendukung.

Seperti domain, hosting, ssl, dan banyak komponen lainnya. Akan tetapi, jika tidak memiliki kemampuan dalam pembuatan website, ada baiknya menggunakan layanan jasa pembuatan website. Salah satu layanan yang memberikan kualitas baik dengan harga terjangkau adalah https://simple.web.id/. Dengan begitu biaya pembuatan website wordpress akan lebih hemat karena sudah langsung sepaket dan tentunya dikerjakan oleh yang sudah ahli.

Komang Adnyana
Sangat tertarik yang berhubungan dengan SEO, desain website, pemrograman dan video animasi. Dan juga sebagai founder dari perusahaan web design di Bali sejak tahun 1999.
© 2021 Simple Multimedia. All rights reserved.
Phone
Whatsapp
Contact